6 Pantai Menawan yang Wajib Dikunjungi di Nusa Penida

Info Nusa Penida Tour

27 April 2022

Pulau Nusa Penida merupakan kepulauan kecil yang terletak di bagian selatan daratan Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung. Nusa Penida terdiri dari tiga pulau utama yaitu Nusa Gede, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan-Jugutbatu. Karena merupakan negara kepulauan, sebagian besar pulau memiliki garis pantai sendiri. Berikut kami uraikan 6 pantai menawan di Nusa Penida.

1. Broken Beach (Pasih Uug)

Pasih Uug sendiri jika dalam bahasa Bali bisa diartikan sebagai “Broken Beach”, pantai ini populer juga dengan sebutan Broken Beach, karena tempat yang berupa tebing setinggi 50-200 meter ini memiliki lubang seperti terowongan di tengahnya. . Seperti kebanyakan kawasan Nusa Penida, Pantai Uug dihiasi tebing-tebing tinggi yang mencapai ketinggian 50-200 meter. Namun Anda akan menemukan sebuah tebing dengan lubang di tengahnya sehingga terlihat seperti terowongan laut. Keberadaan tebing inilah yang mendasari namanya, Pasih Uug yang berarti pantai rusak. Dari atas tebing Anda bisa melihat jernihnya air laut biru yang menjadi rumah nyaman bagi sejumlah ikan dan biota laut lainnya, terutama ikan pari. Beberapa penyu juga sesekali muncul di tengah kolam raksasa.

Lokasi : Pantai Pasih Uug terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, tepatnya di Nusa Penida bagian barat.

2. Angel’s Billabong

Obyek wisata Angel's Billabong berada dekat dengan Pantai Pasih Uug. Tempat ini merupakan muara terakhir dari sebuah sungai di Pulau Nusa Penida yang bermuara sebelum air sungai mencapai laut lepas. Di muara sungai ini permukaan airnya sangat tenang dan jernih. Selain itu juga terdapat ceruk yang membentuk kolam alami yang sangat indah dan asri.

Angel's Billabong merupakan kolam alami yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Daya tariknya adalah airnya yang jernih bak cermin tembus pandang yang menghadap ke dasar kolam. Deburan ombak yang menerjang tebing kolam Angel's Billabong dan tumbuhnya lumut di sekitar karang menciptakan nuansa alami di tempat ini. Kolam ini merupakan muara terakhir dari Sungai Nusa Penida yang terhimpit tebing sebelum mencapai laut lepas. Berada di tengah-tengah batu karang yang terbelah dan membentuk kolam di tengahnya. Air di kolam ini berasal dari sungai dan laut lepas yang dipisahkan oleh tebing dan berbatasan langsung dengan kolam Angel's Billabong. Saat air pasang, air laut akan masuk ke kolam ini. Di Kola mini pengunjung bisa berenang sambil memperhatikan pasang surut air laut.

Lokasi : Pantai Pasih Uug terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar

3. Kelingking Beach

Pantai Kelingking tersembunyi di balik tebing Nusa Penida. Dengan kondisi tersebut, sebagian besar pengunjung menikmati suasana Pantai Kelingking dari atas tebing. Untuk sampai ke bibir pantai dibutuhkan waktu satu jam. Akses ditempuh menuruni tebing sepanjang 150 meter, dengan akses jalan tercetak, masih alami, jalan cukup berliku dan sedikit terjal. Dari ketinggian tebing, Pantai Kelingking terlihat pendek namun sebenarnya sangat luas. “Pantainya lebarnya 80 meter, pasirnya putih halus. Tepat di lokasi pantai, pengunjung bisa menikmati suasana alam yang memukau. Saat air laut surut pengunjung bisa melihat ikan pari manta berenang di sekitar pantai.

4. Pasih Andus (Smoke Beach)

Pantai ini disebut Pasih Andus oleh masyarakat setempat karena terbentuknya asap dari hempasan atau hempasan ombak ke atas. Asap yang ditimbulkan bukanlah hasil polusi udara melainkan gelombang alam. Seperti namanya, Pantai Asap memancarkan keindahan dari air laut yang menghantam tebing, percikan ini menghasilkan semburan air laut yang menyerupai asap. Banyak wisatawan yang mengambil foto saat ombak sedang naik dengan latar belakang kristal air yang bertebaran. Tentu menghasilkan background foto yang berbeda dan sangat seru pastinya. Tak hanya gemuruh ombak, ada biota laut langka nan indah di sana. Anda bisa melihat pemandangan ikan pari dan mola-mola langka berenang bebas di pantai ini.

Pantai Pasih Andus terletak di Dsn. Sompang, Ds, Mekar Bunga, Nusa Penida. Sedangkan jarak pantai ini dengan Pantai Pasih Uug cukup dekat, hanya beberapa meter dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit.

4. Atuh beach

Pantai Atuh bisa dikatakan sebagai pantai yang berkharisma. Pantai Atuh memiliki kondisi geologi berupa karang berbukit dengan bentuk yang unik di tengah pantai. Berbentuk seperti sepatu, terletak kurang lebih 200 meter dari bibir pantai. Bukit karang menjadi pemandangan yang menarik di antara deburan ombak. Pemandangan dari atas tebing di pesisir Pantai Atuh juga sangat menarik. Anda seperti melihat liuk leher Brontosaurus yang menjulurkan lehernya ke lautan. Pemandangan dari atas tebing ini sangat menakjubkan. Kehadiran semak belukar di tebing menunjukkan warna yang kontras dengan birunya ombak laut. Ada beberapa bukit kecil di sekitar tebing besar. Anggap saja itu adalah kura-kura raksasa yang duduk diam, karena bukit-bukit kecil itu memiliki kontur tanah berwarna coklat dan hijau seperti punggung kura-kura. Pantai Atuh terletak di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

5. Suwehan Beach (Suwehan Beach)

Pantai Suwehan, menyuguhkan perpaduan alam yang sangat serasi dan jarang Anda temukan di tempat lain, pemandangan indah pantai pasir putih yang masih alami, tersembunyi di balik tebing terjal, dan Batu Jineng yang berdiri tegak berbentuk seperti merk terkenal Volkom, Batu Jineng ini adalah ciri khas dan ikon tempat ini. Setiap sudutnya menyajikan keindahan yang membuat setiap pengunjung berdecak kagum, jadi jika anda berencana untuk berwisata di Nusa Penida maka sayang sekali jika tidak melewatkan objek wisata yang juga dikenal dengan Pantai Volcom ini. Lokasi wisata ini terletak di Banjar Watas, Desa Tanglad.

6. Crystal Bay Beach

Sebutan Crystal Bay disematkan di pantai ini karena air lautnya yang jernih seperti kristal. Selain dikelilingi perbukitan hijau alami, Pantai Crystal Bay memiliki daya tarik tersendiri dengan adanya atol (pulau karang). Keindahan teluk dengan hamparan pasir halus yang berpadu dengan hijaunya pohon kelapa. gugusan atol dan keberadaan Pura Batu Jineng di puncaknya semakin menambah keindahan yang membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai ini sambil menikmati sunset. Bagi anda yang menyukai senja, tempat ini sangat direkomendasikan karena pantainya menghadap ke barat, jadi anda bisa menyaksikan matahari terbenam (Sunset Nusa Penida). Tidak hanya itu, di Crystal Bay Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti menyelam, snorkeling, berenang, berjemur, bermain bola pantai. Bagi wisatawan yang penggemar snorkling,

Ayo yang mau liburan ke pantai menawan di nusa penida bisa hubungi kami www.infonusapenidatour.com penyedia jasa akomodasi di sekitar nusa penida

WA 085738211636



Booking Tour Now!

Nikmati liburan seru di banyak destinasi di Bali dan Nusa Penida. Luangkan waktu untuk mengunjungi Aktivitas Seru di Bali & Nusa Penida. Jadikan liburan Anda semakin berkesan bersama kami.